>
Home » , , » FontCreator v6.0 Pro Edition

FontCreator v6.0 Pro Edition

Written By Siti Romelah on Jumat, 02 Maret 2012 | 15.17

image

Fontcreator adalah software paling ngetop didunia dalam konteks pengeditan Font. Dengan interface yang mudah untuk digunakan dan design font yang sangat mantap.

Fitur :

  • Create and edit TrueType and OpenType fonts
  • Redesign existing characters
  • Add missing characters
  • Convert vector and bitmap images (e.g. a signature, logo or handwriting) to character

Utlines

  • Edit and regenerate font names
  • Fix character mappings
  • Correct fonts that display incorrectly
  • Generate, modify, import, export, and clean up kerning pairs
  • Add or correct over two thousand composite glyphs
  • Transform individual glyphs or an entire font (e.g. to make a bold version)
  • Extract TrueType fonts from TrueType Collections
  • Unicode 5.1 support
  • Preview fonts before installing
  • Install fonts in Windows

System Requirements

  • Windows Vista, XP, 2003, 2000, NT, Me, 98 or 95
  • 24 MB of free disk space

Download

Mirror Download

Password

Note

Setelah anda klik link download maka anda akan diarahkan ke adf ly. Kemudian klik skip ads. Setelah itu akan muncul problem loading page. Anda lihat link mediafirenya. Disitu ada tertulis www.media0fire.com , maka hapus angka 0, sehingga menjadi www.mediafire.com

Tutorial

Langkah ke-1: Membuat Font Sendiri

Untuk membuat font, kamu bisa menggunakan perangkat lunak Corel Draw, Macromedia Freehand, Adobe Photoshop, atau perangkat lunak image-processing lainnya, tergantung mana yang lebih cocok untuk kamu. Tapi saya sarankan lebih baik menggunakan perangkat lunak image-processing vector-based seperti Corel Draw atau Macromedia Freehand; karena apabila diperbesar, gambar tidak akan pecah.

Kalau mau, bisa juga digambar di kertas gambar, lalu di-scan dengan format Grayscale, dengan resolusi tinggi (300 dpi atau 600 dpi), simpan ke dalam format BMP atau GIF, kemudian di-edit di Photoshop/Corel Draw.

Buatlah font dengan ukuran yang sama antar huruf yang satu dengan lainnya supaya font terlihat bagus. Tetapi untuk huruf2 besar, buat lebih tinggi/besar sedikit dari huruf2 kecil.

Langkah ke-2: Membuat Font Baru dengan FontCreator

Buka FontCreator dan pilih New dari menu File. Ketik nama font di dalam kotak Font family name. Untuk aturan lainnya tidak perlu diapa2kan, kemudian klik OK.

Jendela Glyph Overview akan muncul, dengan semua contoh karakter. Klik 2x sel huruf besar A untuk membuka jendela Glyph Edit.

Langkah ke-3: Siapkan Setting Import

Untuk mempercepat proses impor yang akan datang, kita atur terlebih dahulu aturan impor default-nya. Pilih Import Image dari menu Tools. Di tab Image, atur Smooth Filter ke Super. Jika kamu tidak mau sudut font menjadi bulat, pilih Smooth.

Beralih ke tab Glyph. Di kotak Bounding, pilih Image. Di bagian Position, klik tombol tengah-bawah, kemudian isi 500 untuk X Position, dan -750 untuk Y Position. Selanjutnya, di bagian Size Multiplier kita isi dengan angka 12 apabila resolusi gambar font kamu adalah 300 dpi, atau 6 apabila resolusi gambar font kamu adalah 600 dpi.

Kemudian klik check box Default dan klik tombol Cancel. Walaupun kamu batal mengimpor, aturannya telah disimpan untuk penggunaan di masa yang akan datang.

Langkah ke-4: Pilih Sumber untuk Huruf Besar A

Buka perangkat lunak image-processing-mu (misalnya Corel Draw atau Photoshop, tetapi jangan tutup FontCreator) dan buka gambar font yang telah di-scan/dibuat. Pilih karakter A dan salin (Ctrl+C).
Langkah ke-5: Import Outline untuk Huruf Besar A

Sekarang kembali ke FontCreator (gunakan Alt+Tab untuk berpindah antara program) dan paste (Ctrl+V) gambar A tersebut ke dalam jendela Glyph Edit. Biasanya proses impor memakan waktu beberapa detik, tetapi gambar yang lebih kompleks memakan waktu lebih lama.

Garis yang paling atas (CapHeight) seharusnya berada di sekitar unit 1400 dan yang paling bawah (Baseline) berada di unit 0. Jika diperlukan, atur ukuran dan letak huruf dengan memilih semua kontur (Ctrl+A), kemudian geser menggunakan mouse atau tombol panah di keyboard. Kamu juga bisa menggunakan toolbar Transform untuk mengubah posisi dan ukuran kontur.

Garis kiri dan kanan bisa diatur dengan menyeretnya (klik-tahan-geser) ke posisi yang diinginkan. Gambar font harus diposisikan di antara 2 garis ini. Kalau tidak, huruf2 akan saling tumpang tindih antara satu dengan lainnya.

Tutup jendela Glyph Edit (Ctrl+F4) dan simpan file font kamu. Pilih Save As di menu File dan pilih nama dan tujuan (misalnya C:FontsFontPertamaku.ttf). Simpanlah font setiap waktu untuk mencegah hilangnya hasil karya dikarenakan faktor eksternal seperti mati lampu atau lainnya.
Langkah ke-6: Selesaikan Karakter lain, Uji, dan Instal Font Kamu

Sekarang kamu bisa mengulang prosedur yang sama untuk karakter2 lainnya. Kegiatan ini bisa memakan waktu yang cukup lama.

Kamu mungkin penasaran dengan hasil fontmu sementara mengimpor lebih banyak lagi karakter2 yang lain. Tekan F5 atau pilih Test dari menu Font untuk melihat hasil font buatanmu sendiri.
Ketika semua karakter telah diimpor dan tidak bermaksud untuk menambah karakter lagi, kamu bisa menghapus semua karakter yang tidak diinginkan dari font kamu. Pertama pilih Select Incomplete dari menu Edit. Kemudian pilih Delete dari menu Edit. Lagi, simpan font-mu.

Sekarang font-mu sudah siap. Untuk membuat font-mu dapat digunakan di aplikasi lainnya, pilih Install di menu Font. Font Installation wizard akan menuntunmu melalui proses instalasi. Sekarang kamu akan bisa memilih font-mu di dalam program aplikasi apapun yang mendukung TrueType font.
Apabila cara di atas gagal, kamu juga bisa menginstal font dengan cara meng-klik kanan file font-mu kemudian pilih Install.

Langkah ke-7: Fitur Tambahan

Memasukkan karakter2 dengan Complete Composites bisa menyediakan karakter2 beraksentuasi lainnya.

Catatan: fitur tambahan ini tidak tersedia dalam FontCreator Home Edition.

Untuk menambah karakter Latin, diakritik dasar, dan tanda baca umum dalam satu langkah, pilih Characters dari menu Insert, kemudian salin dan paste data di bawah ini ke dalam kotak edit yang terletak di bawah jendela Insert Characters:

699, 700, 702, 710-717, 728-733, 759, 777, 783, 785, 795, 803-806, 813-818, 821-823, 161-255, 256-383, 416, 417, 431, 432, 398, 399, 407, 410, 437, 438, 461-566, 7680-7835, 7840-7929, 8194-8203, 8208-8231, 8240-8275

Ketika kamu meng-klik tombol OK, karakter2 baru akan ditambahkan di ujung font-mu. Pilih semua karakter2 baru ini (atau pilih semua karakter dengan Ctrl+A), klik kanan, pilih Complete Composites. Jika beberapa komposisi masih kosong atau tidak lengkap, periksa diakritik yang kosong atau hilang. Jika kamu kemudian membuat diakritik2 ini, semua komposisi yang tidak lengkap akan dilengkapi. Diakritik2 ini dengan sengaja ditempatkan di bagian awal supaya mereka akan dibuat terlebih dahulu sebelum mereka digunakan.

Regards, Admin - Egy

Share this article :

1 komentar:

  1. pertamaxxx

    request JCreator mas Admin..

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Gysoft-News: FontCreator v6.0 Pro Edition . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Egy Adhitama. Inspired from CBS News