>
Home » » Mozilla Bangun Sistem Operasi Mobile Sendiri?

Mozilla Bangun Sistem Operasi Mobile Sendiri?

Written By Unknown on Selasa, 26 Juli 2011 | 05.02

imageSadar akan penting sebuah terobosoan terbaru di pasar mobile, membuat Mozilla bergerak cepat. Proyek terbaru Mozilla bahkan disebut-sebut akan menciptakan sebuah sistem operasi terbaru.
Proyek ini sendiri disampaikan secara luas dan terbuka oleh Mozilla dengan pengumuman perluasan mesin pencari besutan mereka, Gecko, ke platform mobile yang jauh lebih luas. Gecko sendiri merupakan proyek kolaborasi antara Mozilla Foundation dan Mozilla Corporation, berupa mesin pencari yang di-drive ke Firefox, browser Camino dan Thunderbird.
Dilansir melalui The Next Web yang dilansir Cnet, Selasa (26/7/2011), Mozilla sendiri memberikan nama untuk proyeknya ini dengan sebutan Boot to Gecko (2G), dengan kode nama yang akan diberitahukan kepada khalayak nantinya.
"Kami mempunyai project terbuka yang diberi nama Boot to Gecko (b2G), yang bertujuan untuk melengkapi platform satu sama lain, yang bertujuan untuk melengkapi sistem operasi dengan web terbuka, yang nantinya akan berjalan pada ponsel dan tablet," terang  pengembang Mozilla Andreas Gal.
Menariknya, Mike Shaver, Mozilla Vice President of Technical Strategy, mengatakan aplikasi Boot to Gecko ini tidak menggunakan SDK millik Android,  tetapi berjalan pada apilakasi APP sendiri. Sehingga memunculkan spekulasi bahwa, Mozilla akan serius untuk menggarap sistem operasi sendiri.
Dia juga mengatakan ada empat area untuk pembangunan ini. Salah satunya adalah API untuk web, yang berarti membangun membangun purwarupa API untuk mengekspos perangkat dan kemampuan sistem operasi untuk konten.
API ini juga akan membuat sistem operasi mendukung fitur-fitur penting di mobile seperti telepon, SMS, kamera, USB, Bluetooth, dan dukungan prosesor chip.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar