>
Home » » Apa Yang Dimaksud Dengan Virus Komputer ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Virus Komputer ?

Written By Siti Romelah on Sabtu, 17 September 2011 | 06.18

Terus terang penulis merasa bosan, mungkin juga Anda karena semua buku tentang virus selalu mendefinisikan virus komputer dan Anda, juga bekas saya tidak mengerti bagaimana virus komputer itu sebenarnya. Tapi untuk menulis buku tentang virus adalah lucu jika penulis tidak mendefinisikan virus komputer itu.

Sebelum penulis mendefinisikan apa itu virus komputer, penulis mempunyai sedikit cerita mengenai virus komputer. Penulis pernah bekerja dibagian technical di bidang networking sekitar 5 th lalu. Ceritanya saat itu penulis sedang menginstall software untuk customer yaitu software lotus dari sebuah disket. Ternyata  gara-gara disket tersebut, komputer tersebut terkena virus boot record, dan tentunya Anda tahu bahwa penulis diomelin oleh yang punya komputer secara babi buta. Perlu Anda ketahui bahwa komputer tersebut menggunakan versi dos 6.20. Karena penulis hanya mempunyai disket instalasi Dos versi 6.22, maka penulis menginstallkan versi dos 6.22 tersebut untuk membasmi virus boot record tersebut. Setelah selesai maka virus itupun hilang. Tetapi karena versi dos yang berbeda (dari 6.20 ke 6.22) maka vsafe yang mengecak perubahan file dari dengan file ”chkdsk.ms” selalu melaporkan bahwa ukuran file telah berubah dan mungkin file tersebut telah terserang virus yang padahal perubahan itu adalah karena perubahan versi dos dari 6.20 ke dos 6.22 sehingga pemilik komputer itu masih terus mengomel-ngomel. Penulis berusaha menjelaskan tetapi dijawab bahwa ia sudah memakai komputer puluhan tahun sedangkan penulis yang baru memakai komputer dianggap tidak tahu apa-apa selain bongkar-pasang komputer. Akhirnya penulis mengalah dan penulis disuruh untuk mengganti Sim Card(memory) dan HardDisk. Padahal apa hubungannya virus tersebut dengan Sim card maupun HardDisk ?. Sedikit cerita diatas adalah suka duka penulis ketika selalu berhadapan dengan customer yang mempunyai berbagi sifat, pengetahuan dan latar belakang yang berbeda. Penulis hanya mengharapkan supaya Anda yang mengerti baik mengerti banyak maupun sedikit janganlah terlalu tinggi hati dan barbagilah ilmu tersebut dengan orang lain karena bagaimanapun juga Kita masih belum apa-apanya jika dibandingkan dengan anak-anak kecil yang maniak komputer seperti di AS maupun di Jepang.

Virus komputer adalah program yang ditulis, biasanya dengan bahasa tingkat rendah seperti assembly yang mempunyai kemampuan untuk menyebarkan dirinya dari satu program ke program lainnya.  Virus komputer tidaklah sama dengan virus penyakit, karena virus komputer tidak berwujud. Ia dinamakan sebagai Virus komputer hanya karena mempunyai kemampuan seperti virus penyakit yang mampu meyebarkan dirinya dan umumnya bersifat merugikan. Virus komputer bisa dibuat dengan mudah oleh para pakar software terutama bagi yang menguasai bahasa tingkat rendah seperti bahasa assembly dan kemampuan untuk mengerti cara kerja dari sistem operasi. Tapi saat sekarang telah banyak virus yg dibuat dengan bahasa tingkat tinggi seperti makro, dlsb

Bagaimana Virus Menyebarkan Dirinya

Virus hanya bisa menyebarkan diri jika diaktifkan  atau  jika ia dieksekusi. Jadi adalah tidak mungkin bagi  virus untuk menyebarkan dirinya melalui file Ascii dan juga tidak mungkin komputer Anda terserang virus karena ada disket bervirus yang ditaruh ke dalam drive komputer Anda  tanpa dieksekusi dan lebih mustahil lagi jika disket Anda maupun komputer Anda terserang virus karena adanya komputer atau disket bervirus yang berada didekatnya.

Karena itu biasanya virus menyebarkan diri melalui file yang bisa dieksekusi seperti, .com, .exe, .bat,.Ovl.,Drv dan lain-lainnya. Untuk Menyebarkan Dirinya, virus biasanya akan menempelkan dirinya didalam file eksecutable sehingga ia akan dijalankan jika file tempat ia menumpang dijalankan.

Yang perlu Anda ingat adalah, bahwa virus komputer bukanlah suatu yang hidup seperti virus-virus penyakit yang Kita kenal yang bisa saja menyebar melaui udara dan media perantara lainnya. Virus komputer  sama saja dengan program-program biasa yang hanya bisa aktif jika dieksekusi, jadi adalah tidak mungkin jika virus bisa aktif tanpa dieksekusi sehingga biasanya virus selalu menumpang pada program yang bisa dieksekusi. Virus tidak dapat menyebar melalui file yang tidak dieksekusi, seperti file data teks dan lain sebagainya. tetapi perlu Anda ingat bahwa virus komputer bisa merusak apapun juga yang ada dikomputer  kecuali hardware. Sepengetahuan penulis, belum ada virus yang mampu merusak hardware komputer seperti meledakkan monitor, merusakkan memory ,keyboard dan lain sebagainya.

Bisakah Virus Dibuat orang Awam ?

Untuk Membuat Virus diperlukan pengetahuan yang tidak sedikit. Anda dituntut untuk menguasai bahasa tingkat rendah yang terkenal susah untuk dipelajari dan pengetahuan tentang sistem operasi. Dengan demikian untuk membuat virus bagi orang awam adalah sangat susah tapi sangatlah mungkin bagi orang awam untuk belajar mengetahui dan mengantisipasi virus walaupun ia tidak mengetahui cara membuat virus itu secara pasti. Untuk virus dengan bahasa tingkat tinggi, semakin memudahkan orang untuk membuat virus tanpa menguasai bhs assembly yang terkenal rumit, yang anda butuhkan hanyalah pengetahuan yang selalu dirahasiakan.

Ini adalah pertanyaan yang selalu ada dibenak penulis ketika baru berkenalan dengan komputer dan virus komputer. Tapi saat ini rasanya penulis mendapatkan jawabannya bahwa sampai saat ini belum ada anti virus yang mampu mencegah semua virus yang beredar. Hal ini dikarenakan cara kerja virus yang berbeda-beda sehingga untuk mencegah ataupun mengobati virus, anti virus harus mengetahui terlebih dahulu cara kerja virus tersebut sehingga tidak akan ada anti virus yang bisa mencegah dan mengobati semua virus yang telah dan akan beredar.

Mungkinkah Program Anti Virus Menjadi Penular Virus ?

Program anti virus sebenarnya juga merupakan program biasa yang bisa terserang virus. Bila program anti virus Anda telah terserang virus, maka justru program anti virus Andalah yang akan menjadi penular virus kepada program dan komputer lainnya. Untuk itu disarankan agar Anda selalu menyimpan anti virus pada disket yang masih bersih.

Perlu juga Anda ketahui bahwa ada juga program anti virus  yang bisa memeriksa dirinya sendiri dan menyembuhkan dirinya sendiri bila terserang virus komputer. Walaupun demikian Anda tetap dianjurkan untuk tetap menyimpan juga cadangan program anti virus pada disket yang bersih dari virus karena cara ini lebih aman. Disket Anda juga seharusnya di proteksi, sehingga tidak dapat terjadi penulisan pada disket sehingga virus tidak dapat meyerang program anti virus Anda yang berada di disket.

Apa Yang Biasanya Virus Lakukan ?

Tidak ada yang mengetahui secara pasti apa yang bakal dilakukan oleh sebuah virus, karena itu sangat tergantung dari pembuatnya. Sebuah virus mungkin saja hanya akan menampilkan pesan pada waktu yang telah ditentukan ataupun hanya memperbanyak dirinya tanpa melakukan sesuatu yang nyata.         Ada juga virus yang sangat berbahaya seperti virus yang dibuat secara khusus untuk merusak sistem ataupun untuk mengambil keuntungan pribadi seperti mencuri uang dan rahasia perusahaan maupun rahasia negara. Dapat dikatakan semua virus yang beredar tidak ada yang menguntungkan Kita, karena program virus yang parasit biasanya akan merusak ataupun akan mengacaukan program Kita walaupun mungkin dari pembuat virus itu sendiri tidak mengharapkan demikian.

Apa Yang harus Saya Lakukan Jika Komputer Saya Terserang Virus

Langkah yang paling pertama yang dapat Anda lakukan adalah jangan panik. Usahakanlah untuk membackup semua data Anda yang penting, tapi ingat jangan membackup program-program yang telah terserang virus. Bila Anda bisa mengetahui secara pasti jenis virus yang menyerang komputer Anda, carilah anti virus, kalau bisa carilah anti virus buatan local karena biasanya lebih bagus. Bila Anda tidak mengetahui secara pasti virus yang menyerang komputer Anda cobalah pakai anti virus yang ada dipasaran seperti scan, nav, dll untuk mendeteksi virus tersebut dan untung-untungan virus tersebut bisa dikenal dan dibasmi oleh anti virus tersebut. Jika Anda tidak bisa menemukan anti virusnya, maka langkah terakhir adalah memformat ulang harddisk Anda dengan disket bersistem yang bersih dari virus dan Anda terpaksa harus menginstall ulang semua aplikasi Anda.

Bagaimana Caranya Supaya Komputer Saya Tidak Terserang Virus ?

Penulis tidak bisa memberikan Anda resep  yang bisa mencegah  supaya komputer Anda terbebas dari virus 100%, karena komputer penulispun sering terkena virus komputer. Tetapi untuk mencegah atau meminimalkan supaya virus komputer tidak gampang menyerang komputer Anda,  penulis bisa memberikan Anda saran :

- Virus komputer biasanya disebarkan melalui disket yang dipakai pada beberapa komputer, karena itu   hindarilah atau selalu periksa disket yang dipakai bersama.

- Jika Anda hendak menginstall program, pastikan itu adalah disket asli yang terproteksi atau carilah instalasi yang berasal dari CD.

Jangan biarkan sembarang orang untuk memakai komputer Anda.

- Hindarilah mengambil sembarang program dari internet dari sumber yang tidak jelas.

Jangan sembarang memakai game, karena biasanya game adalah media yang bagus bagi virus untuk menyebarkan dirinya.

Pakailah program anti virus yang residen di komputer Anda untuk mendeteksi dan memonitor jika terdapat sesuatu yang mencurigakan.

- Selalulah pakai anti virus yang terbaru, karena anti virus yang terbaru selalu mengikuti perkembangan terbaru dari virus yang beredar.

- Perhatikanlah jika terjadi sesuatu yang janggal atau yang tidak biasa  pada komputer Anda, seperti terjadi penulisan ataupun pembacaan pada harddisk yang tidak biasanya. Anda juga harus memperhatikan jika tiba-tiba komputer Anda menjadi lebih lambat ketika menjalankan suatu aplikasi, karena hal ini biasanya diakibatkan oleh program virus yang ikut dijalankan.

Jika bisa, perhatikan ukuran dari file eksecutable Anda.  Jika ukuran file eksekutable Anda bertambah maka hampir dapat dipastikan jika komputer Anda telah terserang virus komputer.

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar